Cara Menghitung Mikrometer Sekrup yang Benar dan Contoh Soal

Cara Menghitung Mikrometer Sekrup – Bagaimana cara membaca hasil pengukuran mikrometer sekrup? Jika anda membutuhkan jawaban dari pertanyaan tersebut, anda bisa membaca artikel ini hingga selesai maka anda akan mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara membaca mikrometer sekrup, ada baiknya jika anda membaca tulisan yang sebelumnya mengenai :

  • Mikrometer Sekrup, Jenis, Pengertian dan Fungsi
  • Bagian-bagian dari Mikrometer dan fungsinya
  • Cara menggunakan Mikrometer Sekrup Manual

Setelah anda membaca tulisan tersebut mari langsung saja kita kembali ke pokok pembahasan yaitu :

Skala Mikrometer Sekrup

Skala pada mikrometer terdiri dari dua jenis yaitu :

  1. Skala Utama

Terdiri dari skala : 1, 2, 3, 4, 5 mm, dan seterusnya yang terdapat di bagian atas. Dan nilai tengah : 1,5; 2,5; 3,5; 4,5; 5,5 mm, dan seterusnya yang terdapat di bagian bawah.

  1. Skala Putar atau skala nonius

Terdiri atas skala 1 sampai dengan 50. Setiap skala putar atau skala nonius berputar mundur 1kali putaran maka skala utama bertambah 0,5 mm. Sehingga dari logika tersebut akan didapat 1 skala putar = 1/100 mm = 0,01 mm

Cara membaca mikrometer sekrup

  1. Pertama, posisikan mikrometer sekrup searah dengan pandangan sehingga kita dapat melihat jelas skala hasil pengukuran.
  2. Lalu bacalah skala utama pada mikrometer sekrup. Di bagian atas garis menunjukkan angka bulat dalam mm misalnya 1 milimeter, 2 milimeter dan seterusnya. Sedangkan untuk garis skala di bagian bawah menunjukkan bilangan 0,5 milimeter.

Coba anda perhatikan gambar diatas, mari kita langsung baca hasil pengukuran gambar diatas. Dari gambar tersebut, garis skala atas telah menunjukkan angka 5 mm dan garis skala bagian bawah menunjukkan 0,5 mm. Kemudian jumlahkan kedua hasil diatas maka skala utama pada mikrometer diatas telah menunjukkan angka 5,5 mm.

  1. Lalu bacalah skala nonius atau skala putarnya yaitu garis berada tepat segaris dengan garis pembagi pada skala utama. Perlu diingat jika setiap satu garis di skala nonius menunjukkan 0,01 milimeter. Pada gambar tersebut, skala nonius telah menunjukkan angka 30 dikalikan dengan 0,01 mm sehingga skala noniusnya menunjukkan 0,30 mm.
  2. Jumlahkan hasil pengukuran dari skala utama dengan hasil pengukuran dari skala nonius. Sehingga dari gambar tersebut akan didapat hasil pengukuran 5,5 mm + 0,3 mm = 5,8 mm.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai cara membaca mikrometer sekrup. Semoga bermanfaat bagi semua, mohon maaf Jika terdapat kesalahan dalam pembahasan.