Cara Menghitung Pecahan Campuran dengan Contoh Soal

Cara Menghitung Pecahan Campuran – Di pelajaran matematika, pastinya anda sudah mengenal bilangan pecahan. Bilangan pecahan telah kita jumpai saat di bangku sekolah dasar (SD) dan merupakan salah satu pelajaran yang sangat dasar pada matematika.

Kali ini kami akan membahas mengenai cara menghitung bilangan pecahan campuran yang dilengkapi dengan contoh soal di antaranya : cara menambah bilangan pecahan campuran, cara mengurangi bilangan pecahan campuran, cara membagi pecahan campuran, cara mengalikan pecahan campuran, dan lain-lain.

Semoga setelah anda membaca tulisan ini, anda bisa semakin paham mengenai cara menghitung pecahan biasa.

Bilangan Pecahan

Bilangan pecahan adalah bilangan yang terdiri dari pembilang dan penyebut. Pembilang merupakan bilangan yang terdapat di atas penyebut  atau merupakan bilangan yang di bagi oleh penyebut. Sedangkan penyebut merupakan bilangan yang terdapat di bawah pembilang atau merupakan bilangan yang akan membagi penyebut. Secara  sederhana bisa dikatakan sebagai berikut ini:

  • Pembilang = bilangan yang di bagi
  • Penyebut = bilangan yang membagi

Perhatikan :

 2
 3

keterangan:

2 adalah pembilang

3 adalah penyebut

Apabila pada pecahan campuran, terdiri dari bilangan bulat dan pecahan biasa. Perhatikan bentuk pecahan campuran dibawah ini:

3 1/2

Keterangan:

3 adalah bilangan biasa

1/2 adalah pecahan biasa

Menghitung Bilangan Pecahan Campuran

Berbeda dengan pecahan biasa, pada pecahan campuran sebelum akan melakukan operasi penghitungan terlebih dahulu harus ubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Selanjutnya yaitu melakukan operasi hitung sesuai dengan perhitungan pecahan biasa, kemudian ubah kembali pecahan biasa menjadi pecahan campuran jika diperlukan ataupun untuk menyederhanakannya.

1. Cara menambahkan Bilangan Pecahan Campuran

Menambahkan bilangan pecahan campuran adalah proses perhitungan dengan operator tambah. Untuk bisa menjumlahkan bilangan pecahan campuran, anda harus terlebih dahulu mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa setelah itu lakukan proses penambahan seperti halnya penambahan bilangan pecahan biasa. Agar lebih jelasnya perhatikan contoh kasus dibawah ini:

Misalkan pada soal berikut ini:

Pertama, ubah masing-masing pecahan campuran tersebut ke pecahan biasa secara terpisah:

Setelah masing-masing pecahan campuran di ubah ke dalam pecahan biasa, lakukan proses penambahan sesuai dengan penambahan pecahan biasa.
Jadi, hasil yang di dapatkan
Jika penyebutnya sama, maka langsung saja di tambahkan pembilangnya. Jika tidak, maka samakan dulu penyebutnya kemudian tambahkan pembilangnya jika sudah sama.

2. Cara Mengurangkan Bilangan Pecahan Campuran

Sama seperti halnya dengan proses penambahan, yang membedakan hanyalah operator yang di gunakan adalah kurang. Sebelum melakukan pengurangan, anda harus ubah terlebih dahulu pecahan campuran menjadi pecahan biasa kemudian kurangkan pecahan sesuai dengan cara sebelumnya (cara mengurangkan pecahan biasa). Agar lebih jelasnya perhatikan contoh di bawah ini:

Misalkan pecahan campuran yang akan dikurangkan sebagai berikut :

Ubah masing-masing pecahan campuran tersebut ke dalam pecahan biasa secara terpisah

Setelah itu, lakukan proses pengurangan (jika penyebutnya sama maka pembilang langsung di kurangkan, jika tidak samakan terlebih dahulu penyebutnya)

Jadi, hasil yang di dapatkan

3. Cara Mengalikan Bilangan Pecahan Campuran

Untuk mengalikan, yang pertama di lakukan adalah ubah terlebih dahulu pecahan campuran ke dalam pecahan biasa. Kemudian lakukan proses perkalian sesuai dengan cara mengalikan pecahan biasa (pembilang di kalikan dengan pembilang dan penyebut dikalikan dengan penyebut). Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh berikut ini:
Misalkan contoh soalnya sebagai berikut:

Ubah terlebih dahulu pecahan campuran tersebut ke dalam pecahan biasa secara terpisah

Kemudian, kalikan pecahan yang telah di ubah tadi dan kemudian sederhanakan jika di butuhkan.

Jadi, hasil yang di dapatkan adalah

4. Cara Membagi Bilangan Pecahan Campuran

Untuk dapat melakukan pembagian pada pecahan campuran, pertama-tama anda harus mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa, kemudian lakukan operasi pembagian ke pecahan yang telah diubah tadi dengan membalikkan pecahan sebagai pembagi (pembilang menjadi penyebut dan penyebut menjadi pembilang). Kemudian, lakukan pengalian seperti hal yang telah dilakukan di atas. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh berikut ini:

Misalkan pecahan campuran yang akan dibagi:

Pertama, ubah pecahan campuran ke pecahan biasa secara terpisah.

Kemudian lakukan pembagian dengan membalikkan pembaginya (pembilang jadi penyebut dan penyebut menjadi pembilang). Setelah itu lakukan pengalian seperti pengalian sebelumnya.

Jadi, didapatkan hasil

Kesimpulan:

  1. Bilangan pecahan didefinisikan sebagai bilangan a/b. Dimana a merupakan bilangan bulat dan b merupakan bilangan buat (b tidak boleh sama dengan 0).
  2. Bilangan pecahan campuran terdiri atas bilangan bulat dan pecahan biasa.
  3. Cara menghitung bilangan pecahan campuran yaitu dengan 4 metode diantaranya penambahan, pengurangan, pengalian, dan pembagian.
  4. Perhitungan pecahan campuran hampir sama dengan perhitungan pecahan biasa, tetapi pada pecahan campuran terlebih dahulu diubah menjadi pecahan biasa.
Demikianlah beberapa penjelasan mengenai Cara Menghitung Bilangan Pecahan Campuran serta Contoh. Jika anda memiliki pertanyaan seputar materi di atas, silahkan tinggalkan pertanyaan anda di papan komentar yang ada di bawah. Kami akan berusaha untuk menjawab semua pertanyaan anda. Semoga bermanfaat.